A. Tema: Full Day
Judul: Dampak Full Day Bagi Pelajar
Dampak Full Day Bagi Pelajar
ISU:
Akhir akhir ini banyak sekolah yang telah menerapkan sistem full day di sekolahnya, khususnya Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Namun, ada juga sekolah yang belum menerapkan sistem ini di sekolahnya, khususnya Sekolah Dasar (SD). Dengan adanya sistem full day, banyak orang yang menganggap bahwa full day memiliki dampak positif, tetapi tidak sedikit juga yang menganggap sisten full day ini memiliki dampak negatif. Dengan demikian, full day dapat menuai pro dan kontra.
ARGUMEN MENDUKUNG:
Banyak masyarakat yang setuju dengan adanya sistem full day ini, alasannya karena pada zaman modern seperti ini, banyak siswa yang menyimpang dari ajaran- ajaran agama dan orangtua, contohnya saja setelah pulang sekolah banyak siswa yang bukannya pulang ke rumah, tetapi malah bermain dan menghabiskan waktu diluar rumah, yang kemudian akan lupa untuk menyelesaikan tugasnya. Dengan adanya sistem full day ini, setidaknya orangtua akan merasa lebih tenang, karena anaknya banyak belajar daripada bermain.Jika sekolah tidak menerapkan sistem ini, di khawatirkan orangtua akan merasa lebih cemas, karena anaknya terlalu banyak bermain gadget daripada belajar, yang akan merugikan mereka sendiri.
Disamping
itu, salah satu keuntungannya juga banyak siswa yang mulai berubah, terutama
perubahan pada sisi islamiyah yang berdampak positif. Sistem full day ini dapat
membuat banyak siswa untuk menjalankan kewajibannya terutama bagi siswa yang
beragama islam, mereka dapat melaksanakan shalat dzuhur secara berjamaah dan
tepat waktu. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk membuat para siswa memiliki
akkhlak mulia, dan dapat menjalin kebersamaan antara siswa.
ARGUMEN MENENTANG:
Sementara
itu, masyarakat yang tidak setuju dengan adanya sistem full day ini,
mengatakan bahwa jika belajar terlalu lama siswa menjadi lelah dan tidak dapat
berpikir dengan baik, sehingga belajar tidak efektif. Ini akan berdampak pada
nilai nilai yang menurun dari pelajarannya, dan siswa akan merasa terbebani,
jika adnya pr ( pekerjaan rumah) yang di berikan guru, sedangkan waktu di rumah
mereka hanya sedikit.
KESIMPULAN:
Jadi,
diharapkan semua pihak dapat menerima sistem full day ini dengan baik, dan
dapat mencegah dampak dampak negatif yang ditimbulkannya, serta sekolah
diharapkan mampu memberikan sistem full day ini dengan banyak dampak
positifnya, dan dapat menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan para siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar